Strukutur
Organisasi
Struktur
Organisasi adalah suatu susunan dan hubungan antara tiap bagian serta posisi
yang ada pada suatu organisasi atau perusahaan dalam menjalankan kegiatan
operasional untuk mencapai tujuan yang di harapakan dan di inginkan. Struktur
Organisasi menggambarkan dengan jelas pemisahan kegiatan pekerjaan antara yang
satu dengan yang lain dan bagaimana hubungan aktivitas dan fungsi dibatasi.
Hal dasar
yang dapat dilihat pada struktur organisasi yaitu :
1. Struktur
organisasi memberikan gambaran mengenai pembagian tugas serta tanggung jawab
kepada individu maupun bagian-bagian pada suatu organisasi.
2. Struktur
organisasi memberikan gambaran mengenai hubungan pelaporan yang ditetapkan
secara resmi dalam suatu organisasi, tingkatan hirarki serta besarnya rentang
kendali dari semua pimpinan di seluruh tingkatan organisasi.
3. Struktur
organisasi menetapkan pengelompokan individu menjadi bagian organisasi dan
pengelompokan bagian-bagian organisasi menjadi suatu organisasi yang utuh.
Salah
satu perusahaan PMDN (Penanaman Modal Dalam Negeri) yang ada di Indonesia yang
bergerak di bidang jasa. Adapun pelayanan jasa yang diberikan adalah jasa
pengangkutan (Overbringgin, Stripping, Stuffing, dan ON/OF Container).
Jaringan
usaha yang dilakukan:
1. Mengadakan
pendekatan kepada eksportir/importir dengan biaya murah.
2. Selalu
mengadakan lobi dengan pihak pemerintah agar biaya-biaya di pelabuhan tetap
stabil atau tidak ada kenaikan.
3. Selalu menjaga agar jangan sampai terjadi klaim akibat
kerusakan barang baik ekspormaupun impor.
Rencana
kegiatan :
1. Memperbesar
usaha transportasi darat/angkutan.
2. Membuat
pergudangan baru tempat penyimpanan barang ekspor/impor.
3. Memperbanyak
alat-alat mekanik agar kegiatan arus bongkar/muat dalam keadaan stabil dan
lancar.
Job Desc
menurut struktur organisasinya :
1. Manajer Umum (General Manager)
Manejer
utama mempunyai wewenang tertinggi perusahaan yang bertanggung jawab atas
berlangsungnya segala kegiatan perusahaan meliputi memimpin mengatur,
membimbing dan mengarahkan organisasi perusahaan, dimana kegiatan tersebut
untuk mencapai prestasi yang tinggi dalam menghasilkan produk-produk
berkualitas dengan jaminan sistem mutu yang selalu terjaga dan dilaksanakan
secara konsisten.
Tugas
Dan Tanggung Jawab Manajer Umum :
a. Memimpin
perusahaan dan menjadi motivator bagi karyawannya
b. Mengelola
operasional harian perusahaan
d. Mengelola
perusahaan sesuai dengan visi dan misi perusahaan
e. Merencanakan,
mengelola dan mengawasi proses penganggaran di perusahaan
2. Sekretaris
Sekretaris
merupakan suatu proses kegiatan mengelola dan mengatur segala sesuatu yang
berhubungan langsung maupun tidak langsung dengan kegiatan pimpinan dalam
rangka kelancaran pelaksanaan perkantoran atau organisasi. Jadi, pekerjaan
seorang sekretaris, membantu pimpinan agar pimpinan kantor atau perusahaan
dapat melaksanakan tugasnya secara efektif dan efisien.
Menurut
wewenangnya mempunyai tugas sebagai berikut:
a.Tugas rutin. Meliputi pengetikan, making call, menerima tamu,
korespondenci, filling, surat menyurat.
b.Tugas instruksi. Meliputi penyusunan jadwal perjalanan, making
appointment, pengaturan keuangan, persiapan dan penyelenggaraan rapat, arrange
schedule.
c.Tugas kreatif. Meliputi pembuatan formulir
telepon, dokumentasi,mengirim ucapan kepada klien, mengatur ruang kantor
pimpinan.
3. Operational Manager
Operational
Manager merupakan pimpinan dalam divisi operasi yang bertugas untuk mengatur,
mengendalikan dan melaksanakan tugas operasional.
Tugas
dan wewenang Operational Manager :
a. Mengawasi
kegiatan operasional perusahaan.
b. Merencanakan, mengendalikan, dan
mengawasi seluruh kegiatan operasi dalam pengembangan perusahaan sampai tuntas.
c. Mengadakan
pembinaan, pelaksanaan kegiatan perusahaan di bidang pengembangan.
Operational
Manager membawahi enam sub bagian yaitu :
1. Kepala
Lapangan bertugas mengatur pekerjaan di lapangan baik operator alat-alat berat,
driver, dan cleaning service.
2. Kepala
Mekanik bertugas mengatur pekerjaan dalam perbaikan alat-alat berat atau
kendaraan yang rusak.
3. Assisten
Mekanik
4. Operator
dan Driver bertugas mengoperasikan/mengendalikan alat-alat berat atau kendaraan
sesuai perintah Kepala Lapangan.
5. Cleaning
service bertugas membersihkan, dan menata kantor maupun lapangan.
6. Operator
4. Human
Management Development (HRD)
Human
Management Development (HRD) Manager merupakan pimpinan bagian personalia yang
bertugas untuk mengatur dan menyelesaikan perihal yang berhubungan dengan
dengan kepegawaian.
Tugas
dan Wewenang HRD :
a. Bertanggung
jawab mengelola dan mengembangkan sumber daya manusia.
b. Membuat
sistem HR yang efektif dan efisien, misalnya dengan membuat SOP, job
description, training and development system dll.
c. Bertanggung
jawab penuh dalam proses rekrutmen karyawan, mulai dari mencari calon karyawan,
wawancara hingga seleksi.
5.
Manajer Keuangan
Bagian
struktur organisasi perusahaan manufaktur yang satu ini mempunyai tanggung
jawab terhadap keuangan untuk operasional perusahaan. Tugasnya adalah mengatur
menejemen keuangan mulai dari belanja rutin untuk proses produksi dan keperluan
perusahaan yang lain.
Fungsi
bagian keuangan adalah sebagai berikut:
a. Mengkoordinasikan
pengendalian kegiatan Akuntansi Manajemen, Keuangan, dan Sistem Informasi
Keuangan.
b. Melakukan
analisis terhadap laporan keuangan dan laporan akuntansi manajemen perusahaan.
c. Melaksanakan pengendalian dan pengawasan bidang keuangan
sesuai dengan target yang ditentukan.
d. Mengkoordinasikan penyusunan
Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan (RKAP).
Contoh Susunan Struktur Organisasi
sangat baik bila dilaksanakan dengan segenap komitmen manajemen
BalasHapus